Judul Artikel : Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
link : Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Dengan memanjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul Komponen Sistem Komputer dengan lancar. Kita menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata penulis sampaikan terima kasih.Semoga Bermanfaat
Penulis
DAFTAR ISI
Cover…………………………………………………………………………………1. Kata Pengantar……………………………………………………………..2. Daftar Isi……………………………………………………………………….3. Perangkat keras (hardware)………………………………………….a) Perangkat Masukan (Input Device)b) Perangkat Keluaran (Output Device)c) Media Penyimpanan (Storage Device)4. Perangkat Keras (Software)………………………………………….a) Software Sistemb) Software Aplikasic) Software Bahasa Pemprogaman5. Penutup……………………………………………………………………….
PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
1. Perangkat Masukan (Output Device)
Perangkat Masukan berfungsi memasukkan data untuk diproses menjadi informasi atau output. Berikut contoh perangkat masukkan:
Mouse merupakan bagian penting dari operasi yang menggunakan tampilan grafis. Penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah pointer(petunjuk) yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse dilayar monitor. Mouse terdiri dari beberapa jenis yaitu Dual button. Three button, Srcoll button.
Jenis-jenis mouse dan fungsinya:
Ø Mouse Serial
Ø Mouse PS/2
Ø Mouse USB
Ø Mouse Wirelless
Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni.
a) Keyboard
Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer.
Jenis-jenis keyboard dan fungsinya:
Ø Keyboard QWERTY
Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.
Ø Keyboard DVORAK
Ø Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang
Ø Chord Keyboard
Ø Keyboard Maltron
Ø Keyboard Proyeksi
Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
a) CPU(Central Processing Unit)
Sejarah CPU Komputer
CPU pertama yang dikembangkan disebut dengan ENIAC. Pengembangan dilakukan pada tahun 1940 an dan selesai pada 14 Februari 1946. Perkenalan CPU di depan masyarakat umum dilakukan secara terbuka di Universitas Pensylvania. ENIAC pada saat itu digunakan pada ahmpir lebih 9 tahun dan ini adalah sebuah CPU yang paling awal diproduksi. Setelah 9 tahun berjalan, komputer berikutnya yang mulai dikembangkan adalah EDVAC merupakan sebuah CPU yang kinerjanya melampaui ENIAC begitu jauh. Dengan komputer terbaru ini, pengguna mampu melakukan penyimapanan memori dan memiliki program tetap yang membantu banyak pekerjaan. Tentu saja CPU saat ini telah jauh berbeda, karena begitu kecil, dan jauh lebih pintar.
1. Perangkat Keluaran (Output Device)
Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.
Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang. Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.
Plasma gas merupakan teknologi monitor dengan display datar. Dengan teknologi plasma gas, ketipisan layar dapat dibuat sebanding dengan LCD, namun memiliki karakteristik citra yang lebih baik dan ukuran layar yang lebih besar. Plasma gas menggunakan fosfor untuk menghasilkan cahaya seperti halnya CRT. Perbedaannya adalah bagaimana energi diberikan kepada fosfor agar fosfor berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya sehingga tertangkap oleh mata kita. Hal ini membuat layar plasma gas berpendar tanpa perlu adanya bantuan cahaya dari belakang layar. Kontras pada plasma gas akan lebih baik dibandingkan LCD. Tampilan pada monitor plasma gas dapat dibuat lebih besar dibandingkan LCD. Ukuran terbesar yang sedang dikembangkan pada plasma gas sudah mencapai 40 inci, sementara LCD baru mencapai 20 inci. Selain itu, sudut pandang pada plasma gas dapat selebar CRT. Kalau Anda suka menonton pertandingan olah raga atau musik, layar monitor raksasa yang dipasang di sudut-sudut arena tertentu menggunakan teknologi ini.
Teknologi OLED ditemukan perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang pada tahun 1979. Riset di Indonesia mengenai teknologi ini dimulai pada tahun 2005. OLED diciptakan sebagai teknologi alternative yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya.
b. Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
d. Plotter
2. Media Penyimpanan (Storage Device)
Media penyimpanan berfungsi menyimpan data atau informasi yang ada dalam computer. Media penyimpanan data terdiri dari beberapa jenis antara lain:
1. Memory ( Memories )
adalah tempat penyimpanan data.
JENIS - JENIS MEMORY.
a. ROM ( Read Only Memory )
adalah memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus atau di ubah oleh pengguna karena program tersebut di isikan oleh pabrik nya. ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Outpu Setting ), yang terdapat pada motherboard yang berfungsi untuk menseting periferal.
b. RAM ( Random Acess Memory )
data dan program yang masuk melalui alat input akan di simpan sementara di RAM.
Struktur dari pada RAM :
1. Input storage, di gunakan untuk menampung input yang di masukan melalui alat input.
ex:
- Track Ball
- Scanner ( memindai gambar/teks )
- Keyboard
- Mouse
- Digitzer
2. Program storage, di gunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan di akses.
3. Working storage, di gunakan untuk menyimpan data yang akan di olah dan hasil pengolahan.
4. Output storage, di gunakan untuk menampung hasil akhir pengolahan data yang akan di tampilkan ke alat output.
adalah tempat penyimpanan data.
JENIS - JENIS MEMORY.
a. ROM ( Read Only Memory )
adalah memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus atau di ubah oleh pengguna karena program tersebut di isikan oleh pabrik nya. ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Outpu Setting ), yang terdapat pada motherboard yang berfungsi untuk menseting periferal.
b. RAM ( Random Acess Memory )
data dan program yang masuk melalui alat input akan di simpan sementara di RAM.
Struktur dari pada RAM :
1. Input storage, di gunakan untuk menampung input yang di masukan melalui alat input.
ex:
- Track Ball
- Scanner ( memindai gambar/teks )
- Keyboard
- Mouse
- Digitzer
2. Program storage, di gunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan di akses.
3. Working storage, di gunakan untuk menyimpan data yang akan di olah dan hasil pengolahan.
4. Output storage, di gunakan untuk menampung hasil akhir pengolahan data yang akan di tampilkan ke alat output.
* ada temporary ( RAM / Random Acces Memory )
* ada juga yang permanen ( ROM / Read Only Memory )
Perbedaan nya, RAM dapat di ubah / di sesuaikan oleh pengguna ( user ). Sedangkan ROM tidak dapat di ubah karena settingan dari pabrik.
Memory pada prinsipnya di bagi menjadi 3 bagian :
a. L1 ( First Level ) cache
Memory ini terletak pada posisi yang paling dekat dengan processor. Penempatan cache di processor di kembangkan sejak pci 486. Memory pada level ini mempunyai ukuran kapasitas yang sangat kecil ( 16 kb ), tetapi mempunyai kecepatan akses paling tinggi mencapai hitungan sepermilyard detik. Processor dengan L1 cache terbesar adalah AMD athlon 128 kb.
b. L2 ( Second Level ) cache
Memory ini terletak di motherboard, pada awal perkembangan nya. Memory ini bisa di lepas tetapi sekarang langsung di integrasikan pada motherboard ( on board ) agar lebih simpel. Ukuran nya 128 kb - 2 MB dan memiliki kecepatan yang lebih rendah dari L1 cache.
c. Memory Module
adalah memory tambahan pada komputer yang dipasangkan pada satu atau lebih slot memory yang ada pada motherboard. Biasa nya berbentuk kepingan papan dengan tambahan beberapa chip / ic memory. Kapasitas memory module berkisar 4 MB, 8 MB, 16 MB sampai 4 GB setiap keping nya. Memory module mempunyai kecepatan akses yang beragam dari 80 ms, 60 ms, 66 MHz ( 15 ms ), 100 MHz ( 10 ms ), 133 MHz ( 7,5 ms ) sampai sekarang lebih dari 1 GHz.
Jenis - jenis memory module :
a. SIMM ( Single InLine Memory Module )
30- (top) and 72-pin (bottom) SIMMs. Early 30-pin modules commonly had either 256 KB or 1 MB of memory.
Two types of DIMMs: a 168-pin SDRAM module (top) and a 184-pinDDR SDRAM module (bottom). Note that the SDRAM module has two notches on the bottom edge, while the DDR1 SDRAM module has only one. Also note that both modules have 8 RAM chips, but the lower one has an unoccupied space for a 9th.
Perbedaan SIMM dan DIMM terletak pada conector nya, kalau SIMM conector nya hanya 1 dan apabila 2 pasti nomor conector nya sama. Sedangkan kalau DIMM conector nya 2 atau sepasang dan nomornya ( conector ) selalu bertambah ( 1,2,3,4,5,... ).
Dalam perkembangannya DIMM menggunakan sistem "dynamic RAM ( DRAM )".
Perkembangan DIMM ( DRAM ) :
Semua perbedaan dari perkembangan DIMM ( DRAM ) adalah pada "notch"
2. Harddisk
adalah alat elektronika yang di gunakan untuk menyimpan data.
MACAM - MACAM HARDDISK DAN KELEBIHAN NYA
Untuk komputer ada 2 Harddisk yaitu ATA dan SATA. Perbedaan ATA dan SATA ( Harddisk ) terletak pada :
- kabel
- port / colokan
- kecepatan proses SATA 3,5 x lebih cepat dari ATA
- harga SATA lebih murah
Harddisk merupakan media penyimpanan data yang utama di komputer. Oleh karna itu kita harus pandai – pandai dalam memilih harddisk . Dengan banyaknya harddisk yang beredar di pasaran dan bahkan banyak juga yang harganya jauh di bawah standard membuat banyak pembeli yang salah memilih harddisk .
adalah alat elektronika yang di gunakan untuk menyimpan data.
MACAM - MACAM HARDDISK DAN KELEBIHAN NYA
Untuk komputer ada 2 Harddisk yaitu ATA dan SATA. Perbedaan ATA dan SATA ( Harddisk ) terletak pada :
- kabel
- port / colokan
- kecepatan proses SATA 3,5 x lebih cepat dari ATA
- harga SATA lebih murah
Harddisk merupakan media penyimpanan data yang utama di komputer. Oleh karna itu kita harus pandai – pandai dalam memilih harddisk . Dengan banyaknya harddisk yang beredar di pasaran dan bahkan banyak juga yang harganya jauh di bawah standard membuat banyak pembeli yang salah memilih harddisk .
Kalo ini pasti ampir pada tau lah, komponen utamanya,seperti ini:
1.Sambungan USB
2.Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.Titik-titik percobaan
4.Chipflash memory
5.Oscillaator crystal
6.LED
7.Write-protect switch
8.Ruang kosong untuk chip flash memory kedua
Pengertiannya FlashDisk sendiri seperti ini
- USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
- USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
4. Disket
Disket atau floppy disk adalah lembaran plastik tipis dan datar yang terbungkus dalam penutup plastik 3,5 inci. Data dan program disimpan di disket dalam bentuk titik-titik magnetik, sesuai pola on/off standar dan representatif data (misalnya ASCII). Pembungkus plastik tersebut melindungi disket dari sentuhan tangan manusia. Dahulu disket berukuran lebih besar dan terbungkus kertas sehingga tampak rapuh. Saat ini, disket terbungkus oleh plastik kaku sehingga cukup fleksibel. Disket mampu menyimpan data sebesar 1,44 megabyte atau setara dengan tulisan sebanyak 400 halaman. SuperDisk dapat menyimpan 120 megabyte. Saat ini, disket terbaru telah berlabel “2HD” (2 untuk “double sided” dan HD untuk “high density“) karena disket jenis ini mampu menyimpan data pada kedua sisi, sehingga kapasitasnya bisa lebih besar dibandingkan standar sebelumnya (DD atau “double density“).
6. DVD-ROMKemampuan yang dimiliki oleh DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. sepertiCD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Hanya dalam jarak selama kurang dari 8 tahun (sejak diperkenalkan kemasayarakat luas tahun 1997) kehadiran DVD sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia.
Pengertian DVD ROM DRIVE ( Defenisi DVD )
Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.
Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.
PERANGKAT LUNAK
(SOFTWARE)
1) Software Sistem
Software computer adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 :
1. Sistem Operasi ( operating system )
2. Program aplikasi ( application program )
3. Bahasa pemrograman
Sistem Operasi
Bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna) .
Jenis – jenis Sistem Operasi
1. Micorsoft Windows
· Windows Desktop Environment (versi 1.x s.d versi 3.x)
· Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME)
· Windows NT (Windows NT3.x,Windows NT4.0)
· Windows 2000
· Windows XP
· Windows Server 2003
· Windows Vista,
· Windows 7 (Seven)
· Windows Orient yang akan dirilis tahun 2014
2. UNIX
Menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti :
· SCO UNIX, keluarga BSD ( Berkeley Software Distribution ),
· GNU/Linux,
· MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin)
· NU/Hurd.
3. Mac OS
Sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh . Sistem operasi yang terbaru adalah
· Mac OS X versi 10.4 (Tiger)
· Mac OS X versi 10.5 ( Leopard ) yang diluncurkan pada tahun 2007
Software Aplikasi atau Program Aplikasi (Software Application)
Program Aplikasi (Software Application) adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Jenis – jenis Aplikasi Komputer
Aplikasi Perkantoran
· Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice
· Pengolah angka – Microsoft Excel
· Presentasi – Microsoft PowerPoint
· Penjadwalan Proyek – Microsoft Project
· Layout buku/majalah – Macromedia Authorware, dll.
Aplikasi Grafis
· Media Viewer seperti Paint, ACDSee, Windows Picture and Fax Viewer, FlipViewer, dll.
· Pengolah/Pembuatan Gambar seperti CorelDraw, dll.
· Pengolah Foto/Editing Foto seperti Adobe Photoshop, Macromedia Firework, Adobe Image Ready, dll.
Aplikasi Multimedia
· Pemutar File Audio dan Video seperti Winamp, Window Media Player, DivX, dll.
· Pembuatan File MP3 seperti MusicMatch, AudioCatalyst, RealJukebox, dll.
· Pengolah File Video/Editing Video seperti Adobe Premiere, dll.
· Pembuatan Animasi seperti Macromedia Flash, Macromedia Director, Swish, dll.
Aplikasi Internet
· Email seperti Microsoft Outlook, dll.
· Chatting seperti Yahoo Messenger, MIRC, Meebo, dll.
· Browser seperti Windows Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Nestcape Navigator, dll.
· Upload and Download File seperti CuteFTP, SecureFX, FileZilla, Download Express, dll.
· File Sharing seperti FTP Server, dll.
Aplikasi Keamanan PC
· Anti Virus seperti Smadav, AVG, PC Media Anti Virus, McAfee, Avast, AntiVir, Norman Virus Control, dll.
· Anti Spam seperti Firewall, Dll. dan
Sistem Informasi Berbasis web/Desktop yang dibuat sesuai kebutuhan suatu lembaga tertentu seperti program khusus di sebuah Bank, sekolah,perusahaan, dll.
Software Bahasa Pemrograman
Software bahasa pemrograman adalah sebuah program untuk pengembangan system seperti bahasa pemrograman turbo pascal, Delphi, pemrograman editor dan tools dan juga sebuah paket CASE (Computer Aided Software Engineering)
PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.Demikianlah Artikel Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Terimakasih telah membaca postingan Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sekian postingan Kumpulan Makalah kali ini, masi banyak makalah-makalah yang ada, silahkan lihat d bawah ini :
0 Response to "Makalah KKPI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER"
Posting Komentar