Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato - Assalamualaikum wr. wb. halo sobat, selamat datang di web KUMPULAN MAKALAH, Pada artikel kali ini saya memposting Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato, semoga bermanfaat untuk sobat semua. langsung saja baca artikelnya.!

Judul Artikel : Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato
link : Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

lihat juga


Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato - Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato dengan Menggunakan Metode Kolaborasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan atau disingkat KTSP, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/ daerah, karakteristik sekolah/ daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik. KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih familiar dengan guru, karena mereka banyak dilibatkan dan diharapkan memiliki tanggung jawab yang memadai.

Definisi KTSP dalam Mulyasa (2008:12) adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkannya dengan memperhatikan Undang-Undang No. 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36.

Secara umum tujuan diterapkannya KTSP menurut Mulyasa (2008:22) yaitu untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

Pembelajaran keterampilan berbahasa pada dasarnya merupakan upaya meningkatkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pelaksanaannya, keempat keterampilan itu harus mendapatkan kedudukan pembelajaran yang seimbang dalam konteks yang dialami. Mengingat fungsi utama bahasa sebagai alat komunikasi, maka proses pembelajaran berbahasa itu harus diarahkan pada tercapainya keterampilan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, baik secara pemahaman maupun penggunaan.

Di samping keterampilan berbahasa, pengajaran bahasa Indonesia juga meliputi pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra memiliki dua macam yaitu sebagai bahan pembelajaran di satu sisi dan sebagai sarana peningkatan kemampuan berbahasa di sisi lain, perbandingan bobot dan sastra sebaiknya seimbang dan dapat disajikan secara terpadu. Menulis teks pidato adalah salah satu kegiatan berbahasa yang dilakukan dalam komunikasi tertulis. Pembelajaran menulis teks pidato merupakan kegiatan dari pembelajaran berbahasa. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Sehubungan dengan hal di atas, kedudukan pembelajaran menulis teks pidato dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat dalam aspek kemampuan berbahasa, pada keterampilan menulis, dengan standar kompetensinya: mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.


Demikianlah Artikel Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

Terimakasih telah membaca postingan Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sekian postingan Kumpulan Makalah kali ini, masi banyak makalah-makalah yang ada, silahkan lihat d bawah ini :

Anda sedang membaca artikel Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato dan artikel ini url pemiliknya adalah https://bermanto.blogspot.com/2016/01/kedudukan-pembelajaran-menulis-teks.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato"

Posting Komentar